Istilah-istilah Penting COVID-19

Wabah Covid-19 masih menjadi perhatian besar bagi pemerintah dan publik. Beragam upaya sedang dilakukan agar kondisi saat ini bisa semakin membaik. Di tengah popularitas Covid-19 ini, terdapat beberapa istilah yang perlu dipahami bersama sehingga tidak membuat masyarakat atau orang awam bingung. Berikut penjelasan beberapa istilah berkaitan dengan Covid-19 :

Pandemi

Pandemi adalah penyakit yang telah menyebar dengan cepat di wilayah yang luas. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menggunakan kata pandemi untuk merujuk pada penyakit baru, yang mana orang belum miliki kekebalannya. WHO telah menyatakan corona Covid-19 sebagai pandemi.

ODP

ODP adalah singkatan dari Orang Dalam Pemantauan. Seseorang yang mengalami demam (≥38⁰C) atau riwayat demam; atau gejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk dan 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di luar negeri yang melaporkan transmisi lokal atau di area transmisi lokal di Indonesia.

PDP

PDP adalah singkatan dari Pasien Dalam Pengawasan. Seseorang dengan demam (≥38⁰C), disertai salah satu gejala/tanda penyakit pernapasan seperti: batuk/sesak nafas/sakit tenggorokan/pilek/pneumonia ringan hingga berat dan 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di luar negeri yang melaporkan transmisi lokal atau di area transmisi lokal di Indonesia atau mereka yang pernah melakukan kontak dengan kasus konfirmasi atau probabel COVID-19.

Kasus Konfirmasi

Seseorang terinfeksi COVID-19 dengan hasil pemeriksaan laboratorium positif.

Physical Distancing

Physical Distancing adalah kebijakan menjaga jarak fisik untuk memastikan penyakit tidak menyebar. Pada 20 Maret 2020, WHO resmi mengganti frasa social distancing menjadi physical distancing.

Droplet

Tetesan atau cipratan yang dihasilkan oleh bersin, batuk maupun saat berbicara. Tetesan penderita corona dapat menyebarkan penyakit ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin dan tetesan itu mendarat di mulut, hidung, atau mata orang terdekat.